Saturday, October 25, 2008

Definisi mesin kasir

Mesin kasir atau dalam bahasa inggris : Cash Register adalah alat yang berfungsi untuk melakukan register atau pencatatan atas segala transaksi penjualan di toko.

Mesin kasir biasanya terdiri atas set keyboard untuk memasukkan transaksi. Namun untuk tipe mesin kasir standar, keyboard bisa hanya berupa angka saja. Selain itu mesin kasir dilengkapi dengan sebuah display. Display pun sangat variatif. Kebanyakan hanyalah tampilan 7 segmen pada LED. Namun saat ini ada juga yang dilengkapi layar LCD seperti layaknya monitor.




Hal berikutnya yang pasti ada pada mesin kasir adalah alat cetak atau printer. Cash register tipe lama biasanya dilengkapi dengan tipe dot matrix. Namun saat ini, hampir semua tipe cash register sudah memiliki printer dengan sistem thermal, sebetulnya teknologi thermal mampu mencetak dengan kecepatan tinggi jauh lebih cepat dari dot matrik, mekaniknya pun lebih simpel sehingga mudah dalam perawatannya, apalagi tanpa ribbon/ pita jadi relatif bersih.

Walaupun terlihat harga kertas struk thermal masih relatif mahal, namun saat ini karena pengguna printer thermal sudah mulai banyak, harga supplies pun semakin menurun. Juga kalau kita hitung dengan pola TCO (total cost ownership), mesin kasir dengan teknologi thermal ini lebih murah karena biaya perawatan dan tingkat kerusakan yang lebih rendah.